Pada mata kuliah ini mahasiswa akan belajar konsep/teori tentang pemerolehan bahasa, bahasa Indonesia dalam pemerolehan bahasa anak, faktor-faktor yang mempengaruhi pemerolehan bahasa anak dan strategi pemerolehan bahasa anak. Lalu pengertian dan karakteristik fungsi komunikasi, proses komunikasi, unsur-unsur komunikasi, jenis-jenis komunikasi, komunikasi verbal, komunikasi non verbal dan komunikasi tulis. Memaparkan pendekatan pengajaran bahasa Indonesia, metode pengajaran bahasa Indonesia dan teknik pengajaran bahasa Indonesia, serta unit pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Memaparkan dan memahami metode Membaca dan Menulis Permulaan (MMP), merancang pembelajaran PPM, tujuan pembelajaran MMP, serta mampu menerapkan menulis tegak bersambung. Memaparkan pengertian prosa, proses pembelajaran melalui prosa, tujuan pembelajaran melalui prosa, bahan yang diberikan, dan strategi pembelajarn melalui prosa. Memaparkan hakikat penilaian pembelajaran bahasa holistik, pengertian penilaian/evaluasi belajar, pengertian evaluasi holistik, jenis-jenis evaluasi holistik, pengembangan alat penilaian. Mampu memahami persiapan penerapan penilaian holistik dan pelaksanaan penilaian holistik. Merancang RPP dan menentukan materi pembelajaran bahasa Indonesia untuk siswa sekolah dasar. Penerapan atau mengablikasikan RPP pembelajaran bahasa Indonesia sekolah dasar dalam bentuk simulasi.