Pada
mata kuliah ini mahasiswa akan belajar konsep/teori tentang pemerolehan bahasa, bahasa Indonesia dalam
pemerolehan bahasa anak, faktor-faktor yang mempengaruhi pemerolehan bahasa
anak dan strategi pemerolehan bahasa anak. Lalu pengertian dan karakteristik
fungsi komunikasi, proses komunikasi, unsur-unsur komunikasi, jenis-jenis
komunikasi, komunikasi verbal, komunikasi non verbal dan komunikasi tulis.
Memaparkan pendekatan pengajaran bahasa Indonesia, metode pengajaran bahasa
Indonesia dan teknik pengajaran bahasa Indonesia, serta unit pembelajaran
bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Memaparkan dan memahami metode Membaca dan
Menulis Permulaan (MMP), merancang pembelajaran PPM, tujuan pembelajaran MMP,
serta mampu menerapkan menulis tegak bersambung. Memaparkan pengertian prosa,
proses pembelajaran melalui prosa, tujuan pembelajaran melalui prosa, bahan
yang diberikan, dan strategi pembelajarn melalui prosa. Memaparkan hakikat
penilaian pembelajaran bahasa holistik, pengertian penilaian/evaluasi belajar,
pengertian evaluasi holistik, jenis-jenis evaluasi holistik, pengembangan alat
penilaian. Mampu memahami persiapan penerapan penilaian holistik dan
pelaksanaan penilaian holistik. Merancang
RPP dan menentukan materi pembelajaran bahasa Indonesia untuk siswa sekolah
dasar. Penerapan atau mengablikasikan RPP
pembelajaran bahasa Indonesia sekolah dasar dalam bentuk simulasi.